Jumat, 11 Maret 2011

KENAPA HARUS GELORA 10 NOPEMBER VS TAMAN MUNDU ???

Beberapa waktu lalu saya posting sebuah deskripsi tentang video yang baru saya buat,berikut latar belakang nya :

Saya ingin menampilkan sebuah bingkaian video dengan latar belakang visual yang berlawanan, yang pertama adalah wajah Stadion Gelora 10 Nopember dengan latar belakang bangunan stadion kebanggaan warga Surabaya itu sendiri dengan melalui kisah – kisah yang sering terjadi sebelumnya yaitu Bonek Mania. Kemudian yang kedua taman Mundu yang berada disebrang stadion, karena taman tersebut masih baru selesai di bangung, jadi banyak warga Surabaya yang menghabiskan waktu luangnya disitu.
Banyak peristiwa massa terjadi disitu, ketika tidak ada pertandingan bola
. Di stadion tersebut nampak sejumlah atribut bola yang di jual oleh para pedagang kaki lima yang berjajar secara rapi disitu, sedangkan disebrangnya ada sejumlah warga yang menghabiskan waktu untuk bersantai-santai sejenak bahkan ada yang sedang berpacaran. Ini artinya ada dua sisi yang ingin saya tampilkan melalui video tersebut, yang pertama adalah proses transaksi dan jual beli yang berada didepan stadion dan yang kedua adalah aktifitas santai warga ketika berada di Taman Mundu. Ini berarti ada peristiwa massa yang berbeda ketika kita berada disitu.

Kenapa harus Gelora 10 Nopember dan Taman Mundu???
Mungkin sejumlah warga Surabaya sendiri sudah tahu bahwa kota ini sudah memiliki stadion olahraga lagi yang lebih besar dang megah, yaitu Gelora Bung Tomo yang berada di daerah Surabaya bagian barat. Jadi tidak mustahil lagi suatu saat Gelora 10 Nepember kehilangan kesaktiannya menyihir masyarakat Surabaya untuk berbondong-bondong kesitu, dan mungkin suatu saat kedatangan warga Surabaya kesitu tidak lagi untuk menonton pertandingan bola maupun konser musik melainkan untuk kebutuhan relaksasi di taman Mundu yang berada tepat di depan stadion.

Stadion gelora 10 Nopember bagi aku memiliki sebuah kenangan yang sangat luar biasa ketika waktu kecil. Untuk warga Surabaya sendiri mungkin suatu saat tidak bisa menikmati sebuah konser musik berskala lokal maupun nasional, yang lebih disayangkan lagi ribuan dan bahkan puluhan ribu orang berkostum sama dan beratibut sama tidak bisa kita jumpai lagi disitu. Bonek mania, merupakan sebuah cerita, sebuah peristiwa massa yang terekam disekitar kawasan stadion yang lebih diakrap disebut dengan stadion Tambaksari itu. Ketika klub sepak bola Persebaya Surabaya yang merupakan klub sepak bola kesayangan masyarakat Surabaya bertanding, seolah olah tempat itu menciptakan sebuah sejarah baru yang tidak akan pernah habis entah sampai kapanpun.
Begitu pula dengan Taman Mundu, semakin hari tempat ini semakin ramai. Banyak masyrakat yang menghabiskan waktu disitu untuk bersantai, muda-mudi berpacaran, anak kecil yang sedang bermain, seolah-olah banyak peristiwa massa yang terjadi disitu.

bisa di cek ulang di :
http://www.youtube.com/user/cahyowulanprayogo#p/a/u/0/2gORe-ppNwg
http://vimeo.com/20062999
terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.